Julian Alimin

Live Life and be grateful
Dukung bersama ASIAN GAMES 2018

Dukung bersama ASIAN GAMES 2018

 

Perhelatan olahraga terbesar di Asia sudah di depan mata. Acara akbar yang berlangsung di DKI Jakarta, Palembang, dan beberapa kota di Jawa Barat ini akan dibuka pada 18 Agustus-2 September 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dalam rangka menyemarakan event tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Lomba kompetisi online di alamat website:  https://dukungbersama.id/ . Kompetisi online yang dimaksud adalah membuat blog, vlog, dan foto dengan tema dukung bersama Asian Games 2018. Pemanfaatan media social juga dilibatkan dalam kompetisi ini, tentunya sebagai upaya meningkatkan kreativitas serta dukungan untuk tim nasional yang bertanding di Asian Games 2018 nanti. Dengan memviralkan Asian Games melalui media social online, Asian Games dapat menjadi trigger dari banyaknya perubahan terutama terkait olahraga.

Tujuan lomba tersebut adalah dalam rangka mengenalkan budaya literasi dan membangun minat olahraga pada masyarakat. Dukungan Bersama dari masyarakat ini juga dapat membangun semangat moril para atlet untuk mengharumkan nama bangsa. Kompetisi ini resmi dan tidak dipungut biaya pendaftaran serta semua lapisan masyarakat dapat mengikuti ajang kompetisi online Asian games ini. Tentunya para peserta diharapkan mengikuti syarat & ketentuan yang berlaku dan bersikap sportif, dan juga yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Bahkan Erick Thohir, Presiden Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) menyatakan komitmennya untuk mensukseskan Asian Games. Menurutnya, sukses Asian Games bisa bercabang menjadi sukses di berbagai hal lain-lainnya. Contohnya dalam National Branding, legacy atau warisan program kepada masyarakat Indonesia dengan volunteer-nya, para generasi muda agar bisa jadi future leader di masa mendatang. Selain itu, Asian Games juga dapat menjadi ajang untuk mempromosikan satwa di Indonesia. Di Asian Games ini akan menampilkan maskot ada bernama Kaka, Binbin, atung, yang merepresentasikan Bhineka Tunggal Ika yang dilindungi dan unik untuk Indonesia.

 

Harapan yang ingin dicapai dari acara ini adalah menjadi acara yang penuh dengan kegembiraan hingga terjalin sebuah kekeluargaan, berkumpul, dan bersorak dalam memberikan dukungan bersama untuk timnas. Besar harapan di tahun 2018 ini merupakan tahun kebangkitan olahraga karena banyak fasilitas olahraga yang dibangun dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga juga kembali bergairah sebagai impact Asian games.

Adapun konten foto, vlog, dan blog yang dikompetisikan merupakan karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dan/atau diikutsertakan dalam kompetisi sejenis sebelumnya, seperti contoh berikut link https://dukungbersama.id/galeri/foto. Peserta juga disarankan men- subscribe atau follow akun resmi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kemkominfo. Sebagai acuan setiap konten harus memperhatikan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan tidak boleh menyinggung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan. Batasan paling lambat mengsubmit konten pada tanggal 16 Juli 2018 jam 23.59 WIB dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2018 mendatang.

Sebagai mekanisme kompetisi, peserta diharuskan register/login terlebih dahulu kemudian mengisi form untuk mengupload. Tidak tanggung-tanggung, juri-juri untuk kompetisi ini pun ahli dibidangnya dan dikenal di dunia media sosial. Seperti Christian Bong, Nessie Judge, Alexander Thian, Marischka Prudence, dan fotografer kawakan seperti Arbain Rambey dan Andreas Darwis.

Jika anda terbiasa membuat video, tidak ada salahnya anda mencoba untuk mengikuti kompetisi ini. Video dapat berupa flashmob, video cover, atau video klip, dengan konten video interpretasi dan kreasi lagu bertema #DukungBersama Asian Games 2018 dengan 4 pilihan lagu; “Janger Persahabatan” dinyanyikan oleh beberapa artis seperti NEV +, Ariel, Dea. Kemudian ada lagu “Unbeatable” hasil kolaborasi JFlow dengan Dira Sugandi, lagu “Asian Dance” oleh Slank dengan Dipha Barus, dan “Meraih Bintang” yang dinyanyikan oleh artis Via Vallen. Video harus mengandung unsur logo Asian Games atau maskot Asian Games dengan hashtag #DukungBersama. Video dengan syarat teaser berdurasi 30 sampai 60 detik di upload peserta ke Instagram dan me-mention @djikp juga mencantumkan hashtag #DukungBersama #AsianGamesKita #EnergiAsia pada caption agar bisa terlihat tim panitia dan dinilai oleh dewan juri. Juri untuk kategori kompetisi ini adalah Christian Bong dan Nessie Judge. Mereka adalah Youtuber ternama dan sudah tidak asing di dunia social media. Hadiah bagi pemenang kompetisi ini bisa dilihat disini https://dukungbersama.id/hadiah/vlog.

Lain hal nya dengan kompetisi Blog. Bagi anda yang gemar menulis kompetisi menulis blog bisa menjadi adu pemikiran. Dengan menulis sebanyak 500 karakter sampai 1000 karakter dan meng-copy link nya ke situs https://dukungbersama.id. Penilaian dasar dan hal-hal yang harus diperhatikan peserta adalah tema, kualitas konten, gaya Bahasa, dan kualitas sajian dalam penggunaan Bahasa. Juri untuk kompetis ini adalah Alexander Thian dan Marischka Prudence. Hadiah untuk pemenangnya bisa dilihat di https://dukungbersama.id/hadiah/blog.

Kompetisi selanjutnya adalah kompetisi foto. Tidak perlu kamera canggih untuk mengikuti kompetisi foto, anda bisa menggunakan kamera apapun asalkan tidak mengubah keaslian pada foto. Kriteria penilaian kompetisi foto meliputi aspek teknis, konsep, konten, dan tematis. Hadiah untuk pemenang kompetisi ini adalah klik disini https://dukungbersama.id/hadiah/foto.

Dalam sebuah permainan pasti ada kemenangan dan kekalahan, hadiah hanyalah bonus semata dalam mengikuti kompetisi kita harus mengingat tujuan utama nya adalah memberikan #DukunganBersama di Asian Games 2018.

Rebut semangatnya! Rebut hadiahnya! Rebut puluhan juta rupiah lainnya dan semarakkan Asian games di kompetisi online ini! Jadikan kebersamaan ini sebagai dukungan bersama untuk tim nasional kita dan menjadi cerminan dari Bhinneka Tunggal Ika di Asian Games 2018. Kita adalah Indonesia, dukung Bersama Indonesia untuk maju, dukung Bersama Indonesia untuk berprestasi. #DukungBersama mensukseskan Asian games Jakarta – Palembang 2018.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.